Saturday, January 25, 2014

Tragedi Menanam Tomat

Kalo liat pohon tomat tumbuh dan berbuah rasanya gimana gitu. Nah untuk menjawab rasa penasaran gimana gitu, saya dari mulai awal Bulan November sudah mulai menanam tomat. Benihnya saya ambil dari buah tomat sisa bikin sayur. Terus saya tanam dan tumbuh beberapa benih. Ada tujuh pohon yang sehat dan saya tanam di cup minuman. Rencananya kalo sudah besar nanti mau saya pisahkan satu persatu, dan akan ditanam di dalam pot saja.





Setelah lewat dari sebulan, saya pisahkan ketujuh pohon tomat itu ke dalam cup mie instant. Ada dua jenis mie cup yang saya pakai, yang sterofom dan kertas. Ternyata untuk tanaman lebih cocok yang sterofom karena tidak didatangi oleh siput dan kemasannya lebih anti air.


Perkembangannya, tidak terlalu baik. Entah mengapa ketika dipindah ke tempat bucket KFC, pohon malah tidak tumbuh dan daun mulai menguning. Akhirnya saya pindahkan ke tanah, posisi dekat teras yang jadi tempat kangkung sekarang ini. Tapi ternyata saya tidak berjodoh dengan tomat..... lahan tumbuhnya diacak-acak dan dijadikan toilet oleh kucing. Walhasil, dari tujuh tanaman, hanya dua yang bertahan, dan saya pindahkan segera sebelum semuanya terlambat.... hiks sedih banget, disayang-sayang tapi malah sekarat semua.


Setelah dipisah, tanaman tumbuh dengan subur sampai saya belikan plant cage di Ace Hardware untuk penyangga daun-daunnya yang tubuh subur.... tapi ternyata, cobaan terhadap pohon tomat belum berakhir... Entah kenapa, daun tomat saya jadi keriting dan tidak bertambah besar. Awalnya sempet curiga sama kutu trips, dan disemprot air rendaman tembakau. Tapi sudah lebih dari seminggu belum ada perubahan. Ya... Saya pasrah aja deh, semoga selamat dan berbuah dan bermanfaat dan membuat senang hati yang nanemnya. amiiiinnnnn

4 comments:

  1. Mak, aku juga lagi nanem tomat nih. Belum aku pisah karena masih pendek2. Stlh baca tulisan di atas, rencananya nanti kl udah dipisah2 tetep di pot aja deh. Semoga tomat ku juga berhasil berbuah. hihihi....Makasih sharingnya ya.

    ReplyDelete
  2. semangat Mak... Sepertinya kesalahan saya membiarkan tomat kena hujan yang lagi deras, harusnya mungkin ada yang menaungi supaya hujan tidak menyiksanya. Terus saya curiga juga, bibit tomat yang ditanam nggak terlalu bagus, soalnya saya asal buang buah tomat ke tanah hehehehhehe

    ReplyDelete
  3. Dari dulu pengen banget sih nanem pohon tomat,tapi bingung bibitnya itu buah tomat yang sudah tua atau biji tomat. Tolong kasih saran atau info ya!,tks.

    ReplyDelete
  4. Dari dulu pengen banget sih nanem pohon tomat,tapi bingung bibitnya itu buah tomat yang sudah tua atau biji tomat. Tolong kasih saran atau info ya!,tks.

    ReplyDelete