Thursday, January 16, 2014

Beginner project : Kangkung

Sebetulnya ini bukan proyek menanam saya yang pertama, saya sangat ambisius dengan hobi baru ini. Saya langsung menanam tomat dan cabe di rumah tanpa pengetahuan yang memadai. Tomat yang bibitnya saya ambil dari sisa memasak langsung dibibit dan saya rasanya sih sehat dan saya seneng liat perkembangannya, sampai saya liatin lebih dari 6 kali sehari. Nah, setelah ngerasa cukup umur, saya pindahkan tomat ke lahan kecil dekat teras rumah. Tomat sepertinya hepi untuk tumbuh kembang disana sampai satu hari terjadilah bencana..... lahan saya dijadikan toilet oleh kucing-kucing ABG peliharaan anak saya :..( Alhasil, tomat saya tewas dengan sukses. 

Nah dari pada meratapi kepergian tomat, akhirnya saya banting stir dengan back to basic, menanam kangkung. Kenapa kangkung? karena kangkung itu tumbuhnya cepet, nggak usah disemai, biji tinggal lempar langsung tumbuh dan jadi. Perawatan ringan, tinggal siram dan tunggu besar untuk panen... Pokoknya cocok jadi obat sakit hati ditinggal tomat. 

kangkung di lahan mungil teras
cepet besar padahal baru 10 hari
Awal tahun ini saya menanam kangkung, dan menyebarkan bibitnya secara tak teratur. Dan ketika berkecambah baru ketahuan kalo ada bagian yang tidak rata terkena bibit. Hari ketiga sudah muncul daun awal kangkung yang seperti membentuk huruf Y. Nah daun ini terus ada sampai hari ke tujuh. Hari ke 10 mulai tumbuh bakal daun lainnya, jadinya daun-daun mulai ramai. Perawatan kangkung saya biasa saja, hanya disiram pagi dan sore. Pagi biasanya saya siram dengan air cucian beras dan malam air tadahan hujan. Alhamdulilah, lancar dan sepertinya dijauhkan dari si kucing hehehheheheh

sudah 17 hari lho
Hari ke 17 kangkung tampak mulai gede walaupun belum banyak daun barunya. Batangnya juga belum membesar. Biasanya kalo sudah begini tinggal menunggu sekitar sebulan lagi untuk panen. Ngarep ah bisa panen raya kangkung ....

No comments:

Post a Comment